Propek Bisnis Cupang Hias

Propek Bisnis Cupang Hias


Propek Bisnis Cupang Hias 1

Harga cupang hias tidak seperti batu akik atau tanaman hias yang dulu pernah boomingdengan harga puluhan hingga ratusan juta. Tapi, kini harganya turun jatuh ‘gaya bebas’. Harga cupang hias juga pernah mencapai puluhan juta per ekor, saat booming. Tapi, kini (sudah berlangsung lama) harganya stabil dan tetap lumayan menguntungkan untuk bisnis. Lalu, apakah yang menyebabkan Prospek Bisnis Cupang Hias tetap menggiurkan? Apakah Anda punya pendapat? Silakan ikuti penjelasan berikut ini dan silakan tuliskan komentar Anda. Baca Juga cara mudah budidaya ikan cupang

Selain untuk koleksi atau hobi, cupang hias juga sudah lazim diperdagangkan. Lumayan hasilnya. Profesi pedagang cupang hias pun bukan sekadar untuk bisnis sambilan. Tapi, ada yang menjadikannya bisnis utamanya. Selain dari hasil penjualannya, mereka juga bisa mendapatkan uang dari hasil menjuarai kontes. Apalagi kontes cupang sering diadakan, di setiap kota di Indonesia, bahkan kontes tingakat internasional. Ikan cupang hias hasil (juara) kontes pun harganya menjadi lebih tinggi lagi.
Propek Bisnis Cupang Hias 2

Kalau begitu, usaha ternak ikan cupang hias dan perdagangannya cukup memberikan peluang bagi Anda. Ada beberapa hal yang dapat menunjukkan prospek bisnis cupang hias cukup menjanjikan, yaitu:

1)      Pasarnya masih terbuka lebar
Bila Anda ingin tahu para ‘pemain’ cupang hias secara cepat, silakan buka internet dan searching “cupang” atau “betta”. Atau, buka facebook lalu masuk ke fanpage komunitas pecinta cupang hias. Di sana Anda akan melihat cupang hias yang ditawarkan dan para pemainnya yaitu peternak, penikmat/penggemar (hobiis), dan pedagangnya.
Propek Bisnis Cupang Hias 3
Dari internet Anda juga akan mengetahui, ternyata pemain cupang hias itu banyak dan meluas. Dari kelas pinggiran hingga gedongan, dari anak-anak hingga kakek-kakek. Pemainnya tidak sebatas orang Indonesia, Malaysia, Thailand, atau Filipina saja, tetapi mendunia hingga orang-orang yang berasal dari Cina, Eropa, Amerika, dan Australia. Mereka sering berinteraksi, berdiskusi, promosi, menjadwal ekspor-impor, merencanakan kontes dan training juri kontes.

2)      Mudah diternakkan
Pada artikel Apa yang Menarik dari Cupang Hias? sudah dijelaskan, betapa ikan cupang gampang diternakkan. Namun, bukan berarti harganya akan jatuh karena akan banyak orang menernakkannya. Bukan begitu. Sebab, pasarnya masih terbuka lebar. Berapa pun hasil produksinya kini masih bisa diserap oleh pangsa pasarnya. Lagi pula, tidak semua orang tertarik untuk menjadi peternak cupang. Betul, tidak?
Selain itu, menyilang-nyilang cupang hias bukanlah perkara sulit untuk menghasilkan strain baru. Para peternak profesional masih berlomba menemukan variasi baru, baik dari sisi warna, pola sirip maupun bentuk badannya.

3)      Mudah pengirimannya
Ikan cupang hias termasuk ikan yang tidak mudah stress dan panik. Sehingga, memudahkan dalam pengemasan dan pengirimannya. Tidak perlu penambahan oksigen (aerasi) atau bahan kimia. Bisa dibungkus dengan plastik (kecil) tanpa takut kekurangan oksigen. Paktis dan mudah dibawa kemana-mana termasuk untuk diekspor.
Propek Bisnis Cupang Hias 5

4)      Menguntungkan
Prospek bisnis cupang hias cukup menguntungkan. Sudah banyak catatan atau buku yang memperlihatkan perhitungannya, bahwa bisnis cupang dinyatakan untung dan layak dikembangkan. Karena perhitungan R/C Ratio-nya lebih besar dari 1.
Keuntungannya akan jauh lebih besar lagi, bila ikan cupang berhasil menjuarai suatu kontes. Harga ikan juara biasanya dilelang. Lumayan, kan?

Demikianlah penjelasan atas Prospek Bisnis Cupang Hias. Agar lebih professional Anda sebaiknya membaca artikel MengapaCupang Dipuasakan Sebelum Dikirim?, Cara Mengemas Ikan Cupang yang Benar, Mengenal Ikan Cupang, Keindahan Ikan Hias, dan Apa yang Menarik dari Cupang Hias? Mungkin Anda punya komentar atau pertanyaan, silakan tulis ya...

0 Response to "Propek Bisnis Cupang Hias"

Posting Komentar