Mengenal Ikan Cupang

Mengenal Ikan Cupang




Mengenal ikan cupang

Selain sebagai sarana hiburan, ikan cupang kini menjadi ladang bisnis yang lumayan menggairahkan. Sudah banyak transaksi jual beli dan event kontes ikan cupang diadakan baik skala lokal, regional maupun internasional. Karena, ikan cupang sudah merambah ke berbagai negara di Asia Tenggara, bahkan Amerika dan Eropa. Komunitas dan asosiasinya pun sudah tertata rapi (professional). Tak peduli siapapun Anda juga bisa ikutan sukses bisnis ini. Nah, langkah awalnya Anda harus Mengenal Ikan Cupang. Hal ini perkara mendasar. Jangan sampai Anda bingung duluan. Baca juga cara mudah budidaya ikan cupang



Morfologi Ikan Cupang

Apa bedanya ikan cupang dengan ikan sepat? Ya, mirip sekali. Hampir tidak ada bedanya, kalau tidak dicermati secara teliti dan spesifik. Secara global bagian-bagian tubuh ikan cupang juga tidak ada perbedaan dengan tubuh ikan pada umumnya. Perhatikanlah gambar berikut ini.

Mengenal ikan cupang
Bagian-bagian tubuh ikan cupang
Lalu, apa spesifiknya? Secara morfologi (bentuk tubuh) ikan cupang memilik ciri-ciri spesifik misalnya:
a)        Badannya memanjang dengan warna macam-macam (ada coklat, hijau, merah, jingga, biru, kuning, abu-abu, putih, dan sebagainya, atau kombinasinya). Pangkal ekor terlihat lebar sehingga tubuhnya terlihat kokoh dengan sisik relatif besar dan kasar.

Mengenal ikan cupang
Badang ikan cupang memanjang

b)        Sirip punggung lebar dan terentang hingga ke belakang.Berbeda dengan ikan sepat dan jenis ikan umumnya yang memiliki sirip punggung sempit.

Sirip punggung lebar terentang

c)            Sirip ekor berbentuk agak bulat dan berwarna dasar seperti badannya. Tapi, ada juga ikan cupang yang memiliki dua sirip ekor (double tail).
d)              
Sirip ekor agak bulat
 
Sirip ekor double tail
e)          Sirip perut panjang mengumbai (berdasi). Ikan sepat dan manvis juga memiliki dasi. Tetapi, jenis ikan lain pada umumnya tidak memiliki dasi.

Sirip perut panjang mengumbai
 f)          Sirip anal (dubur) lebar dan terentang hingga ke belakang.Berbeda dengan ikan sepat dan jenis ikan umumnya yang memiliki sirip anal sempit.

Sirip anal (dubur) lebar
Tubuh ikan cupang jantan berbeda dengan ikan cupang betina. Perbedaan morfologis ikan cupang jantan dan betina adalah sebagai berikut:
a)       Tubuh ikan cupang jantan lebih panjang dan langsing, bisa mencapai 5-10 cm. Tubuh ikan cupang betina lebih pendek, dengan perut agak buncit.
b)    Warna tubuh ikan cupang jantan lebih menarik (lebih cerah, indah dan berwarna-warni). Ikan cupang betina pada umumnya berwarna pucat/kusam.
c)      Sirip ikan cupang jantan lebih panjang dan mengembang dengan indah daripada sirip ikan cupang betina.

Ikan cupang betina
Klasifikasi Ikan Cupang
Meskipun klasifikasi ini mungkin tidak banyak gunanya bagi praktisi bisnis ikan cupang, tapi bagi pencinta (hobiis) ikan cupang mungkin akan menambah cintanya. Semakin kenal kan semakin sayang hehe….  
Ikan cupang pada awalnya dari golongan (genus) Trichopsis. Kemudian, sejak tahun 60-an ikan Trichopsis kalah pamornya dengan ikan dari genus Betta. Ikan Betta lebih menarik dan terkenal sebagai ikan cupang hias maupun cupang adu.  

Klasifikasi ikan cupang bila diurut-urutkan dari atas hingga ke bawah (sampai spesies) dapat dilihat sebagai berikut:

Ø Filum        :    Chordata
Ø Subfilum  :    Craeniata
Ø Kelas        :    Osteichthyes
Ø Subkelas  :    Actinopterygii
Ø Superordo:    Teleostei
Ø Ordo        :    Percomorphoidei
Ø Famili      :    Osphronamidae
Ø Subfamili :    Macropodusinae
Ø Genus      :    Betta, Macropodus, Malpulutta, Parosphromenus, Polyacanthus, Pseudosphromenus.
Ø Spesies    :    Betta bellica, Betta simorum, Betta splendens, Betta smaragdina, Betta imbellis, Betta stiktos, Betta foerschi, Betta strohi, Betta rubra, Betta anabatoides, Betta dimidiate, Betta albimarginata, Betta channoides, Betta brownorum, Betta burdigala, Betta coccina, Betta livida, Betta minniopina, Betta persephone, Betta tussyae, Betta edithae, Betta picta, Betta falx, Betta simplex, Betta taeniata, Betta pallidae, Betta pugnax, Betta fusca, Betta schalleri, Betta prima, Betta enisae, Betta pulchra, Betta rajan, Betta breviobesus, Betta lehi, Betta stigmosus, Betta cracens, Betta akarensis, Betta balunga, Betta chini, Betta pinguis, Betta aurigans, Betta macrostoma, Betta patoti, Betta waseri, Betta ibanorum, Betta obscura, Betta unimaculata, Betta ocellata, Betta gladiator, Betta palifina, Betta hipposideros, Betta spilotogena, Betta chloropharynx, Betta renata, Betta pi, Macropodus sp, Malpulutta sp, Parosphromenus sp, Polyacanthus sp, dan Pseudosphromenus sp.

Demikian awal penjelasan Mengenal Ikan Cupang. Selanjutnya akan kita bahas Perbedaan Cupang Hias dengan Cupang Adu. Karena, masih banyak masyarakat  yang menganggap ikan cupang itu cuma sebatas ikan aduan. Tapi Anda tidak, kan?! Hehe….

0 Response to "Mengenal Ikan Cupang"

Posting Komentar